Indramayu Kota Wisata Unik di Jawa Barat

 on Wednesday, May 25, 2016  

Indramayu Kota Wisata Unik di Jawa Barat, hallo... rekan-rekan semuanya pada postingan kali ini penulis yang akan membahas tentang keindahan juga objek -objek wisata yang berada di kota kecil yang bernama Indramayu. Tidak semua orang banyak yang mengenal kota kecil ini, dimana indramayu merupakan bagian dari propinsi jawa barat, dengan letak geografis sebelah utara pantai atau disebut juga jalur Pantura ( Pantai Utara ). Kota ini selalu terkenal pada hari - hari besar seperti Musim Mudik Lebaran, karena jalur pantura banyak yang dilalui para pemudik. Itulah sepenggal cerita tentang letak dimana kota indramayu.
Indramayu Kota Wisata Unik di Jawa Barat
Indramayu Kota Wisata Unik di Jawa Barat

Sepintas Mengenai Sejarah Kabupaten Indramayu 


Kabupaten Indramayu adalah salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Ibu kotanya adalah Indramayu yang merupakan pusat pemerintahan, sedangkan titik keramaian justru berada di kecamatan Jatibarang dan Haurgeulis, hal ini dikarenakan di Jatibarang terdapat pusat Pasar dan memiliki akses yang mudah seperti Jalur Pantura dan Stasiun Kereta Api, hal yang sama juga terjadi untuk Kecamatan Haurgeulis meski tak dilewati secara langsung oleh Jalur Pantura, namun Kecamatan ini dilalui oleh Jalur Kereta Api. Kabupaten ini berbatasan dengan Laut Jawa di utara, Kabupaten Cirebon di tenggara, Kabupaten Majalengka dan Kabupaten Sumedang di Selatan, serta Kabupaten Subang di barat.

Kabupaten Indramayu terdiri atas 33 kecamatan, yang dibagi lagi atas sejumlah 315 desa dan kelurahan. Pusat pemerintahan berada di Kecamatan Indramayu. Hari jadi Kabupaten Indramayu ditetapkan pada tanggal 7 Oktober 1527.

Indramayu dilintasi jalur pantura, yakni jalur utama dan terpadat di Pulau Jawa, terutama pada musim mudik lebaran. Kabupaten ini juga dilintasi oleh jalur kereta api lintas utara Pulau Jawa, dengan salah satu stasiun terbesarnya adalah Stasiun Jatibarang yang berada di kota Jatibarang, sekitar 19 km ke selatan dari pusat Kota Indramayu.

Beberapa kecamatan-kecamatan penting di Wilayah Kabupaten Indramayu di antaranya adalah Indramayu, Jatibarang, Haurgeulis, Patrol, Karangampel, dan Terisi.

Walaupun Indramayu Kota Wisata berada di Jawa Barat yang notabene adalah tanah Pasundan yang berbudaya dan berbahasa Sunda, namun sebagian besar penduduk Indramayu mempergunakan Bahasa Cirebon dialek Indramayu, masyarakat setempat menyebutnya dengan Basa Dermayon, yakni dialek Bahasa Cirebon yang hampir serupa dengan Bahasa Cirebon yang dipergunakan di wilayah pusat Keraton Cirebon di Kota Cirebon, dalam Bahasa Cirebon dialek Indramayu tata bahasanya terbagi menjadi dua yakni Basa Besiken (dipergunakan untuk berbicara dalam tatanan resmi dan menghormati lawan bicara) dan Basa Ngoko (dipergunakan sehari-hari dalam pergaulan). Di bagian selatan dan barat daya kabupaten ini, beberapa wilayah menggunakan bahasa Sunda, mengingat sejarah kabupaten Indramayu yang dulu pernah masuk kedalam wilayah Kerajaan Galuh dan Sumedang Larang di Wilayah Selatan, sehingga mempengaruhi masyarakatnya berbahasa Sunda Khas Indramayu yang disebut Sunda Parean.

Indramayu Kota Wisata Unik di Jawa Barat

A. WISATA ALAM

1. Hutan Mangrove Karangsong Indramayu

Terletak di Desa Karangsong atau sejalur dengan Tempat Pelelangan Ikan ( TPI ). Objek wisata Karangsong akhir- akhir ini ramai di bicarakan di Medsos seperti Facebook, tidak sedikit warga indramayu yang menghabiskan massa liburannya Tamasya ke Karangsong. Mungkin kalau yang belum tahu bertanya Ada apa di Karngsong ?? Yapss,,, Karangsong terdapat Hutan Mangrove yang sangat luas yang dulu seluas 3 hektar dan yang uniknya kita harus naik perahu untuk menuju hutan mangrovenya.

2. Pulau Biawak Indramayu

Ternyata Indramayu juga memiliki Komodo Island, tapi yang kecilnya lebih jelasnya Biawak. Tidak kalah indahnya dengan pulau komodo di flores karena di Pulau Biawak Indramayu ini banyak keunikannya diantaranya Biawak ini jinak walau tetap dalam pengawasan pemandu wisata setempat. Pulau Biawak dapat ditempuh menggunakan perahu atau speedboat dengan waktu kurang lebih 4 jam. Sekarang sudah banyak jasa travel ngetrip ke Pulau Biawak.

3. Pantai Tirtamaya Indramayu

Cikedung Dalane Lohyang..secarik lirik ini penyair sengaja agar objek wisata Bendungan Bolang di desa Lohyang terangkat seiring naiknya lagu Bendungan Bolang ini. Berbicara bendungan Bolang tempat ini menjadi ramai karena pemandangannya yang dikelilingi banyak pohon mangga, biasanya banyak di datangi pada musim mangga. dan objek wisata ini juga masuknya gratis. Terletak di Kecamatan Cikedung dengan jarak dari jalan utama kurang lebih 2 km.

4. Pantai Glayem Indramayu 

Objek wisata yang satu ini sangat dekat dengan pantai Tirtamaya hanya bersebelahan saja, Keindahan yang disajikan di pantai Glayem ini bibir pantai yang luas sehingga bisa juga sebagai tempat rekreasi anak untuk bermain bola, pantainya yang dangkal dengan ombak yang kecil sehingga aman untuk anak- anak bermain dipantai, namun tetap selalu dalam pengawan orang tua.

5. Taman Tjimanuk Indramayu

Satu lagi karya pelestarian indramayu yaitu Taman Tjimanuk dahulu merupakan sungai tertua atau juga sungai Cimanuk asli jaman babad indramayu, agar indah dan banyak pengunjung pemerintah kabupaten indramayu menyulap menjadi taman Tjimanuk. Lokasinya dekat dengan Alun -Alun Indramayu sebelah timurnya.

6. Pantai Lemah Abang Eretan, 

Mempesona Dengan Dengan Tanah Kemerahan Yang Mengelilinginya. Pantai ini sangat mudah dijangkau oleh Wovger karena lokasinya sangat dekat dari jalur Pantai Utara. Pantai ini juga dikelilingi oleh batu penahan ombak. Keunikan dan daya tarik tersendiri dari pantai ini adalah tanahnya yang berwarna kemerahan. Saat matahari sedang terik, tanah merah di pantai ini akan terlihat sangat jelas.

7. Situs Buyut Banjar, 

Dengan Misteri Koloni Kera Berjumlah 41, Disini merupakan petilasan Pangeran Surya Nagara. Disini Wovger bisa melakukan ziarah sekaligus membuktikan legenda monyet Banjar. Situs ini terletak di Desa Bulak Kidul, Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Indramayu Jawa Barat. Disini ada sebuah legenda yang yang sangat populer dikalangan masyarakat sekitar mengenai monyet banjar yang berjumlah tidak pernah kurang atau lebih hanya 41 ekor. Makam ini dikeramatkan oleh masyarakat sekitar dan ramai dikunjungi pada waktu-waktu tertentu seperti malam Jumat kliwon, Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha.

B. WISATA AGRO

Indramayu Kota Wisata Sebagai daerah yang banyak hutan kayu putih Kabupaten Indramayu memiliki obyek Wisata Agro yang menarik yang terletak di Kecamatan Cikedung, di mana dapat di lihat mulai dari proses penanaman, pemeliharahaan sampai produksi kayu putih berupa minyak kayu putih. Wisata agro lainnya di Desa Cemara Kecamatan Losarang dan Desa Cangkring

Raden Arya Wiralodra merupakan pendiri kota Indramayu. Makam wiralodra ini terletak di Desa Sindang (lapangan krapyak) Kecamatan sindang sekitar 500 m sebelah barat Pendopo Kabupaten Indramayu.

C. WISATA ROHANI

Wisata Rohani Ma’had Al Zaetun Adalah sebuah Pesantren Modern terbesar dan termegah di Asia Tenggara dengan luas keseluruhan komplek Pesantren tersebut sekitar 1.200 ha, terletak di Desa Mekar Jaya Kecamatan Gantar Kabupaten Indrarmayu, Pondok Pesantren Terpadu tersebut menjadi pusat pendidikan dan pengembangan budaya perdamaian dengan berbagai kelengkapan fasilitasnya merupakan tonggak sejarah yang mengimplementasikan suatu kenyataan pembangunan berwawasan lingkungan.

D. WISATA KOTA

Tugu Mangga Terletak dipersimpangan lima jalan masuk kota Indramayu dari arah Jakarta. Tugu ini menggambarkan bahwa Kota Indramayu sebagai penghasil mangga yang menjadi trade mark Kabupaten Indramayu.

Kilang Minyak Balongan Merupakan sumber minyak dan gas yang terletak + 6 KM dari pusat kota Indramayu, yang dikelola oleh Pertamina UP VI. Sebagai tempat proses pengolahan minyak mentah menjadi bensin, solar, minyak tanah dan lainnya adalah merupakan daya tarik untuk melakukan wisata Iptek (Ilmu Pengetahuan & Teknologi) ke Indramayu. Keberadaan potensi minyak dan gas di Indramayu telah diprediksi oleh Raden Aria Wiralodra yang ditulis dalam Bahasa Sangsekerta dan kini tertuang dalam Prasasti Aria Wiralodra.

FASILITAS PENUNJANG KEPARIWISATAAN


Fasilitas penunjang kepariwisataan yang terdapat di Indramayu Kota Wisata Unik di Jawa Barat adalah Hotel/Penginapan:
  1. Hotel New Trisula (Jl Panjaitan No 77 Indramayu)
  2. Hotel Wiwi Perkasa !  (Jl Tridaya No 2 Indramayu)
  3. Hotel Wiwi Perkasa 2 (Jl DI Panjaitan Indramayu)
  4. Hotel Prima (Jl Panjaitan No 56 Indramayu)
  5. Hotel Handayani (Jl Kembar – Bojongsari Indramayu)
  6. Hotel Garuda 1 ( Bunderan Kijang Indramayu)
  7. Hutel Garuda 2 (Jl Sudirman Indramayu)
  8. Hotel Garuda 3 (Bunderan kijang Indramayu)
  9. Wisma Rini (Jl. Sudirman Indramayu)
  10. Penginapan Kopsuka (Jl MT Haryono Indramayu)
  11. Hotel Banjarsari (Jl Banjar Jatibarang)
  12. Hotel Prambanan (Jl Siliwangi Jatibarang)
  13. Hotel Aneka Baru (Jl Siliwangi Jatibarang)
  14. Hotel Sejahtera Abadi (Jl Raya Bulak Jatibarang)
  15. Hotel Sederhana Baru (Jl Tuparev Jatibarang)
  16. Hotel Flamingo (Jl By Pass Losarang- Ds Santing – Kec gLosarang)
  17. Hotel Bunga Indah (Jl By Pass Losarang)
  18. Hotel Sariratu (Jl Raya Santing – Losarang)
  19. Hotel Dharma Wisata (Jl Raya Patrol Kecamatan Sukra)
  20. Hotel Tirtaloka (Jl Tirtaloka Haurgeulis)
  21. Penginapan Purnama (Jl Jati – Haurgeulis)
  22. Penginapan Sampurna (Jl Desa Sukajati- Haurgeulis)
Nah, itu dia sobat kontes seo web sedikit informasi yang bisa admin bagikan. Semoga bermanfaat buat anda semuanya. Kita telah jalan -jalan ke kota indramayu, catatan diatas adalah sebagian kecil objek wisata yang banyak di Expose, masih banyak lagi yang belum termedia objek -objek lainnya. Semoga dengan adanya Branding City Indramayu makin bercahaya dari kota - kota lainnya. Demikian mengenai Indramayu Kota Wisata Unik di Jawa Barat.
Indramayu Kota Wisata Unik di Jawa Barat 4.5 5 Cara Siti Wednesday, May 25, 2016 Indramayu Kota Wisata Unik di Jawa Barat Indramayu Kota Wisata Unik di Jawa Barat , hallo... rekan-rekan semuanya pada postingan kali ini penulis yang akan membahas tentang keindaha...


No comments:

Post a Comment

http://kontesseowebsite.blogspot.com/

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Powered by Blogger.