Cara Memajukan Peternakan dan Perikanan di Indonesia

 on Wednesday, August 10, 2016  

Cara Memajukan Peternakan dan Perikanan di Indonesia - Indonesia merupakan negara agraris dengan ribuan pulau yang mempunyai potensi besar dalam pengembangan di sektor pertanian. Sektor pertanian di Indonesia telah memberikan peran dalam perekonomian secara keseluruhan. Peran tersebut di antaranya adalah sebagai penyedia bahan baku industri, penyedia bahan pangan masyarakat dan penyedia lapangan kerja. Kegiatan pertanian mencakup enam subsektor pertanian yaitu pertanian tanaman pangan, hortikultura, perikanan, perkebunan, peternakan, dan kehutanan.

Cara Memajukan Peternakan dan Perikanan di Indonesia
Cara Memajukan Peternakan dan Perikanan di Indonesia


Perikanan merupakan salah satu subsektor kegiatan pertanian yang memiliki potensi di Indonesia. Selain perikanan laut, Indonesia memiliki lahan perikanan air tawar yang cukup luas. Potensi sumberdaya perikanan budidaya di Indonesia cukup besar dengan keragaman jenis biota air laut yang bernilai ekonomis memungkinkan untuk dibudidayakan, namun pemanfaatannya belum dapat dimaksimalkan sehingga kontribusi sektor perikanan terhadap pembangunan dan perekonomian pada umumnya serta peningkatan taraf hidup masyarakat hidup petani ikan belum optimal.

Lalu Bagaimana Cara Memajukan Peternakan dan Perikanan di Indonesia


Pemerintah khususnya Kementerian Kelautan dan Perikanan selalu berupaya untuk memajukan bidang kelautan dan perikanan Indonesia. Pemerintah melakukan cara dengan terus meningkatkan produksi dari bidang perikanan dan kelautan. Hasil dari subsektor perikanan dan kelautan tidak hanya diperoleh dari air laut, tetapi juga dari daratan yang lebih dikenal dengan perikanan air tawar. Sumberdaya perairan air tawar di Indonesia meliputi tambak, sawah (mina padi), karamba, sungai, dan kolam. Berikut adalah tabel luas lahan, produksi dan produktivitas nasional subsektor perikanan budidaya di Indonesia.

Total luas lahan perikanan budidaya di Indonesia pada tahun 2012 yaitu 1.125.549 ha, sedangkan total produksi perikanan budidaya yaitu 9.675.550 ton. Produktivitas budidaya pada kolam masih termasuk cukup tinggi yaitu 10,88 ton/ha, hal tersebut dikarenakan budidaya menggunakan kolam termasuk mudah sehingga petani ikan yang tidak memiliki lahan yang terlalu besar dan dapat melakukan usahatani perikanan air tawar.

Budidaya kolam juga merupakan model budidaya air tawar pertama sebelum munculnya budidaya di perairan umum seperti karamba dan jaring apung. Provinsi Lampung merupakan salah satu daerah yang memiliki sektor perikanan yang cukup dominan baik itu dari perikanan tangkap maupun perikanan budidaya. Luasnya areal perairan di Provinsi Lampung merupakan salah satu faktor yang menyebabkan perikanan menjadi salah satu sumber pendapatan pokok masyarakat Lampung.

Ada Usaha-usaha yang bisa dilakukan untuk Majukan Peternakan Indonesia Bersama Ilmuhewan.com, antara lain sebagai berikut:
  • menyediakan bibit ternak jenis unggu
  • memberi penyuluhan tentang cara-cara peternakan yang baik dan produktif
  • mengembangkan ternak yang ada dan berusaha memberantas penyakit ternak sedini mungkin
  • meningkatkan distribusi makanan dan obat-obatan ternak
  • mendirikan riset/penelitian dan percobaan dengan melakukan perkawinan silang atau inseminasi buatan.

MACAM-MACAM USAHA dan KEGIATAN PETERNAKAN di INDONESIA


Kegiatan ekonomi adalah semua kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Dalam kehidupan sehari-hari tak seorang pun dapat membuat semua barang yang dibutuhkannya. Oleh sebab itu ada kerja sama antara orang yang satu dengan orang lainnya. Kerja sama itu saling melengkapi. Ada orang yang bekerja sebagai petani yang memproduksi bahan pangan. Ada yang membuat pakaian untuk dijual dan diperdagangkan, dan seterusnya.

Peternakan hewan kecil

Peternakan hewan kecil merupakan peternakan yang memelihara hewan yang berukuran kecil, misalnya kambing, babi, kelinci, dan unggas. Daerah pemeliharaan kambing terdapat hampir di semua tempat secara kecil-kecilan. Daerah pemeliharaan kelinci terdapat di Jawa Tengah sebagai proyek pengembangan. Daerah pemeliharaan unggas terdapat di semua daerah.

Peternakan hewan besar

Peternakan hewan besar adalah peternakan yang memelihara hewan yang berukuran besar, misalnya kerbau, kuda, dan sapi. Daerah pemeliharaan kerbau di Jawa Barat, Jawa Tengah, Sumatra Barat, Sumatra Utara, dan Aceh. Daerah pemeliharaan kuda terdapat di Sumba, Sumbawa, Timor, Sumatra Utara, Tapanuli, dan Sulawesi Selatan. Daerah pemeliharaan sapi terdapat di lembang, Cisarua, Baturaden, Ungaran, Boyolali, Madura, Grati, Bali, Sumba, Sumbawa, Mentawai, dan Kalimantan Barat.

Usaha Untuk Memajukan Peternakan di Indonesia


Kondisi-kondisi peternakan tersebut diatas tidak dapat dipungkiri memang terjadi di Indonesia dan dapat dikatakan cukup menyedihkan. Meskipun begitu, jika kita ambil segi positifnya, Kondisi kekurangan pasokan komoditi peternakan seperti yang tersebut di atas menunjukkan jika peluang untuk memasuki usaha di bidang industri peternakan masih terbuka dengan lebar. Dengan tingginya permintaan dan rendahnya pasokan akan komoditi peternakan, para peternak dapat dengan leluasa meningkatkan jumlah produksi komoditi peternakan tanpa harus khawatir memikirkan pasar yang akan dituju untuk menjual komoditi tersebut.




Dengan kekurangan ini juga diharapkan akan timbul berbagai macam usaha-usaha baru yang bergerak di bidang pendukung usaha peternakan. Usaha-usaha yang dilakukan untuk memajukan peternakan di indonesia, antara lain sebagai berikut :
  1. Menyediakan bibit ternak jenis unggul.
  2. Memberi penyuluhan tentang cara-cara peternakan yang baik dan produktif.
  3. Mengembangkan ternak yang ada dan berusaha memberantas penyakit ternak sedini mungkin.
  4. Meningkatkan distribusi makanan dan obat-obatan ternak.
  5. Mendirikan riset/penelitian dan percobaan dengan melakukan perkawinan silang atau inseminasi buatan
Nah itu dia sobat kontesseowebsite sedikit informasi mengenai Cara Memajukan Peternakan dan Perikanan di Indonesia yang bisa admin bagikan. Mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi Anda semuanya. Jangan lupa untuk membaca juga postingan lainnya terkait Green Pramuka City Hunian Strategis dan Nyaman di Pusat Kota dan juga artikel Cara Membuat Website Sendiri. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca postingannya. 
Cara Memajukan Peternakan dan Perikanan di Indonesia 4.5 5 Cara Siti Wednesday, August 10, 2016 Cara Memajukan Peternakan dan Perikanan di Indonesia Cara Memajukan Peternakan dan Perikanan di Indonesia - Indonesia merupakan negara agraris dengan ribuan pulau yang mempunyai potensi besar ...


No comments:

Post a Comment

http://kontesseowebsite.blogspot.com/

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Powered by Blogger.